Kamis, 06 Oktober 2011

Cara menggambar kucing


Kucing binatang yang paling mudah kita temukan dimana saja, di atas kap mobil, di bawah mobil, di jalan atau kadang bahkan di dalam lemari kita sedang bersembunyi karena mau melahirkan. Kucing binatang yang menyenangkan tetapi kadang juga membuat kita kesal. Apalagi kucing garong. Tutorial menggambar kucing ini mudah diikuti. Peralatan yang diperlukan kertas yang banyak terserah jenisnya mau kertas bekas HVS, dan berbagai macam jenis pensil minimal jenis pensil 2B. Lebih baik lagi kalau ada pensil 4B, 6B dan 8B. Dan yang paling penting harus mempunyai kucing sebagai model untuk digambar. Bagaimana nih saya tidak memelihara kucing? Gampang tinggal beri tulang ayam atau sisa kepala ikan kepada kucing yang lagi lewat depan rumah. Atau main ke rumah tetangga yang memelihara kucing. Kalau sudah siap semuanya tinggal diikuti tutorial dibawah ini.




Ambil pensil 2B dan kertas kemudian mulailah menggambar 
kucing secara keseluruhan. Mengikuti bentuk tubuh kucing. 
Tidak perlu khawatir dengan anatomi dan proporsi tubuh kucing. 
Ikuti saja tekukan tubuh kucing. Usahakan menggambar dari 
berbagai sudut pandang yang berbeda.
Paling mudah memang menggambar kucing yang sedang diam 
atau tidur tetapi itu pun terkadang suka bergerak.
Diatas gambar kucing peliharaan saya yang sedang tidur, 
satu gambar dikerjakan rata-rata 10-15 menit.
Karena kucing pun cepat bergerak saya pun 
berusaha untuk menggambar dengan cepat.




Kebetulan saya lagi main di rumah tetangga yang memelihara 
banyak kucing. Saya memang tidak niat menggambar, tetapi 
kebetulan saya membawa kertas dan pensil, jadilah kedua gambar
kucing diatas yang sedang menjilat tubuhnya.




Kalau keempat gambar kucing dibawah ini saya buat berdasarkan foto.
Pertama saya buat garis bentuk kucing terlebih dahulu seperti siluet.
Kemudian saya mulai membuat garis-garis pendek tipis untuk membuat
bulu kucing sesuai dengan alur dan arah bulu. 
Lalu saya menggunakan pensil 4B
untuk menebalkan bulu-bulu tersebut. 
Dan agar lebih terlihat gradasi gelap terang
pada bulu kucing saya menggunakan pensil 8B.








1 komentar:

  1. Asik juga, sederhana, tapi tetep aja palingan aku nggak bisa :'D

    Dari dulu pengen deh bisa gambar sketsa pakai pensil

    BalasHapus